February 8, 2023

Tentang Kami

SEJARAH

Pendirian Yayasan Pusat Kajian dan Pemberdayaan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (Pusaran-KP) diletarbelakangi oleh keinginan kuat untuk berkontribusi dalam mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goal/SDGs), utamanya tujuan ke-14 (empat belas). Sektor kelautan dan perikanan memiliki potensi sumber daya dengan nilai ekonomi yang luar biasa besar, namun demikian hingga saat ini belum memberikan kontribusi signifikan terhadap Pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia. Data Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut, untuk sektor perikanan baru memberikan kontribusi kurang dari 3% terhadap total PDB Indonesia. Pun-halnya dari aspek struktur ekonomi masyarakat,belum menunjukkan peningkatan yang signifikan, ini bisa dilihat dari komposisi penduduk miskin yang masih terlokalisir di wilayah pesisir. Disisi lain, maraknya pembangunan fisik dan eksploitasi sumber daya yang tidak terukur, turut menyumbang terhadap degradasi kualitas lingkungan hidup, utamanya wilayah pesisir, laut dan pulau-pulau kecil. Hal ini ditandai oleh kerusakan ekosistem penyangga seperti mangrove, dan terumbu karang yang berakibat pada ancaman berbagai bencana dan penurunan produktivitas perairan.

Berdasarkan pertimbangan di atas, keberadaan Yayasan Pusaran-KP dimaksudkan untuk memberikan kontribusi nyata terhadap optimalisasi pemanfaatan sumber daya kelautan dan perikanan melalui arahan tata kelola yang mengedepankan “equality of dimension” yakni keseimbangan antara kepentingan ekologi, ekonomi dan sosial atau paradigma pembangunan berkelanjutan (sustainable development). Prinsip “save, study, and use” menjadi dasar bagi Pusaran-KP dalam mengambil peran nyata.

Ide/gagasan pendirian Yayasan Pusaran-KP pertama kali tercetus dari usulan 5 (lima ) orang dengan latar belakang keilmuan yang sama yakni Didik Sudiarso (enterpreneur perikanan), Muhammad Wahyudin Lewaru (akademisi), Cocon (Planner dan birokrat), Hari Mahardika (birokrat dan penggiat lingkungan pesisir) dan Iskandar Ismanadji (analis kebijakan). Kelimanya kemudian bersepakat mendirikan sebuah badan hukum yayasan yang bersifat independen yang fokus pada kajian/riset, advokasi dan pemberdayaan sumber daya kelautan dan perikanan.

Akhirnya pada bulan Oktober keluar Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia Republik Indonesia Nomor : AHU-0020801.AH.01.04 Tahun 2021 tentang Pengesahan Pendirian Badan Hukum Yayasan Pusat Kajian dan Pemberdayaan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan yang menandai berdirinya Yayasan Pusaran-KP secara resmi.

VISI DAN MISI

VISI

“Menjadikan Pusaran-KP sebagai lembaga kajian/riset terkemuka di bidang kelautan dan perikanan yang mandiri, transparan, akuntabel dan professional”

MISI

Melakukan dan mengembangkan kajian dan riset terkait pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan sebagai acuan pemanfaatan yang bertanggungjawab dan berkelanjutan.

Menjadi partner kritis Pemerintah dalam memberikan masukan, referensi, dan rekomendasi kebijakan pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan yang berbasis pada kajian ilmiah, data, dan informasi faktual untuk kemaslahatan masyarakat kelautan dan perikanan.

Mengembangkan strategi dan manajemen adaptif dalam perencanaan kebijakan pembangunan kelautan dan perikanan.

Mengembangkan layanan edukasi dan keahlian terhadap masyarakat dan dan pihak lain terkait untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia kelautan dan perikanan.

Mendorong pendampingan, pemberdayaan, dan pengabdian terhadap masyarakat dan lingkungan di bidang kelautan dan perikanan.

Melakukan pendampingan dan advokasi bantuan hukum bagi masyarakat kelautan dan perikanan, terkait konflik di bidang kelautan dan perikanan.

Menyelenggarakan dan membangun kerjasama antar lembaga baik Pemerintah maupun non pemerintah, baik dalam negeri maupun luar negeri yang focus pada upaya mendorong kemajuan sector kelautan dan perikanan.

Membangun edukasi dan diskursus publik yang mencerdaskan dalam merubah cara pandang pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan ke arah yang lebih bertanggungjawab dan berkelanjutan.

Menyelenggarakan penyebaran informasi yang bermanfaat bagi public terkait isu-isu di bidang kelautan dan perikanan.

Selengkapnya Lihat Profile Organisasi :

PROFILE PUSARAN-KP

EnglishBahasa Indonesia